Idul Adha di elTAHFIDH, Bukan Sekedar Qurban Biasa

Share with:


Allahuakbar, allahuakbar, allahuakbar walillah hilhamd.

Segenap keluarga pondok pesantren qur’an elTAHFIDH mengucapkan “Selamat hari raya idul adha 1440 H”.

Alhamdulillah minggu, 11 Agustus 2019 kita bisa merasakan semarak idul adha yang begitu terpancar kegemilangannya sejak beberapa bulan Yang lalu bahkan merupakan hari Yang amat dinanantikan.

Pesantren Qur’an elTAHFIDH mengundang seluruh masyarakat (terbuka untuk umum) untuk melaksanakan sholat idul adha yang diimami oleh ustad Hafizi Siregar ,S.Pd., Al-hafidh dengan khotib ustad zainul hakim, Lc,. M.Si.

Sholat idul adha tsb diikuti 900 siswa/i SMPQ&SMAQ elTAHFIDH.  Sholat idul adha dilaksanakan di pelataran asrama Al-Fatih  2 (ikhwan), pesantren qur’an elTAHFIDH. Sholat dimulai dari pukul  06.30 WIB.

“Tidak ada satu nabi pun Yang dijelaskan secara detail kisahnya didalam al-qur’an melebihi nabi Ibrahim as,  karena apa?  Karena pada zaman itu,  raja namrud  sang raja babylonia memerintahkan untuk membunuh semua bayi yg lahir/harus menyerahkan bayi tersebut pada sang raja . Maknanya apa? agar kita sadar bahwa hidup perjuangan seorang nabi pun tidak akan pernah tidak diuji  ketauhidannya” ujar ustad zainul hakim, Lc,. M.Si. selaku khottib sholat idul adha

Setelah selesai sholat idul adha, para siswa/i diarahkan untuk saling berjabat tangan guna mempererat tali ukhuwah juga saling memaafkan. Jabat tangan dimulai dari teman sebaya, para musyrif/fah, kemudian para asatidz/zah dan juga bapak dan ibu direktur pesantren qur’an indonesia.

 Alhamdulillah, tahun ini pesantren qur’an elTahfidh mengkurbankan 6 sapi dan 18 kambing. Yang pelaksanaannya melibatkan semua siswa SMP & SMA Quran eltahfidh. Mereka diajarkan cara menyembelih, menguliti, dan membersihkan serta mengolah dagingnya.

Baik ikhwan maupun akhwat mempunyai keseruannya tersendiri.

Ikhwan SMPQ & SMAQ elTAHFIDH diajarkan bagaimana cara menyembelih hewan Qurban dengan benar oleh para musyrifnya.

Antusiasme para siswa/i semakin terlihat dari partisipasinya terhadap acara-acara yg diadakan.

setelah sholat idul adha, para siswa(ikhwan) diarahkan untuk

diajarkan bagaimana cara menyembelih hewan qur’ban yang sesuai dengan syariat islam. Tujuan diajarkan cara menyembelih hewan Qurban salah satunya ialah mendidik sang anak agar terlatih keberaniannya juga mendidik kemandirian sang anak agar terbiasa, jika suatu saat nanti sang anak ditugaskan untuk menyembelih hewan qur’ban.

“saya seneng sekali ikut qurban disini, suasananya, acara-acaranya juga menarik pas malam takbiran. Ini pertama kalinya saya ikut pemotongan kurban, jadi banyak tambahan ilmu.” Ujar nabil Zahid Rahman siswa kelas 10 SMA Qur’an elTAHFIDH. 

Dan untuk akhwat SMPQ & SMAQ elTAHFIDH diarahkan untuk belajar memasak bersama para musyrifahnya, di antara masakannya adalah seblak,bakso,sate dan tak lupa minuman dingin sekitar 300 porsi yang disiapkan untuk dihidangkan.

Anak-anak dilatih agar bisa mempelajari bagaimana cara memasak dgn baik,benar dan lezat tentunya merupakan salah satu tujuan diajarkannya memasak pada sang anak.

“Seneng sekali,  soalnya aku baru pertama kali ngerasain keseruan disini, Yang bikin seru itu banyak banget,  contohnya kayak pas malam takbirannya,  kita seru-seruan bareng banyak acara Yang seru jadi ga sedih deh ga pulang,  terus pas hari H nya kita janjian pake baju Dan kerudung samaan sama temen-teman,  terus saling nyariin tempat sholat buat temen banyak banget deh hehehe,semoga aja,  kedepannya acaranya makin seru lagi ya kedepannya  aamiin (ujarnya sambil tersenyum)” Salah satu siswi SMAQ. elTAHFIDH, Dhya azhar.

Setelah sesi pemotongan selesai, para siswa (ikhwan) membagi-bagi daging tersebut.

dibagikan kapada mayarakat daerah kampung kubang dan sekitarnya.

Keseruan amat terpancar dari wajah-wajah mereka, meskipun lebaran idul adha tidak bersama dgn sanak keluarga, namun tak mengoyahkan semangat mereka dalam acara-acara yang diadakan oleh pesantren qur’an elTAHFIDH.

Yuk berbagi kebaikan, tanam pahala di syurga!

💰No rekening qurban BNI syari’ah :

2019 008 041

-A.N pesantren qur’an indonesia-

📞contact person :

-ustad wahyu abadi

085714346435

-ustad mashadi hariyanto

081314648768 (WA)