MARHABAN YA RAMADHAN, SUKA CITA MENYABUT RAMADHAN, PESANTREN QUR’AN ELTAHFIDH MENYELENGGARAKAN TARHIB RAMADHAN


Share with:


Pesantren Qur’an elTAHFIDH menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1440 H dengan melakukan Tarhib Ramadhan yang penuh Suka Cita. Semangat Menyambut datangnya Ramadhan sudah sangat terasa, pada Santriwati SMA & SMP Qur’an elTAHFIDH sejak dua minggu yang lalu, (25/4) sudah memulai menghias Asrama mereka sedemikian menarik dan kreatifnya dengan Nuansa kehangatan dan kebahagiaan Menyambut Ramadhan.

Santri SMP, SMA & Mahasiswa Qur’an elTAHFIDH, Malam Sabtu (3/5) melakukan Tarhib Ramadhan disepanjang jalan kampung kubang- Cipeucang, Acara nya dilaksanakan habis sholat isya berlangsung sangat meriah, Semua santri diwajibkan untuk memakai sarung, membawa obor dan lampion untuk memeriahkan Tarhib Ramadhan ini. membawa Tim Hadroh sambil bersholawat, seluruh santri bersemangat mengucapkan Salam dan menyucapkan Marhaban Ya Ramadhan kepada Warga yang mereka Jumpai.

Pada hari yang berbeda, Sabtu (4/5) Santriwati SMP, SMA dan Mahasiwa Pesantren Qur’an elTAHFIDH juta tidak kalah meriah mengadakan Pawai Menyambut ramadhan, selepas Ba’da Sholat Ashar Mereka memulai berjalan dari depan gang Kubang sampai Pesantren yang jaraknya cukup jauh. memakai atribut menarik sembari Sholawat para Santriwati menularkan semangat Menyambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan kepada setiap Warga yang mereka Jumpai.

Tarhib Ramadhan ini merupakan bentuk kebahagiaan dan antusiasme para Santri/wati Pesantren Qur’an elTAHFIDH dalam menyambut kedatangan bulan Ramadhan. Dalam sebuah hadits Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam sebelum datang Ramadhan sudah mengajukan doa kepada Allah ta’aala dalam rangka Tarhib Ramadhan atau welcoming Ramadhan.

حَدِيثُ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ’anhu katanya: Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam bersabda: “Apabila tiba bulan Ramadan, dibuka pintu-pintu Syurga dan ditutup pintu-pintu Neraka serta syaitan-syaitan dibelenggu.” (HR Muslim 1793)

Rangkaian Tarhib ramadhan diakhiri dengan kajian menyambut Ramadhan, Santri diadakan pada Sabtu malam yang di isi oleh ustadz Zulkifli Hasan dan Santriwati mengikuti kajian Subuh yang diisi oleh Ustadz Muhammad Adamin, semoga tarhib Ramadhan ini dapat memberikan Pembekalan diri, jasmani maupun rohani dan Motivasi dalam menjalani Ramadhan tahun ini dengan lebih baik.

Mari Lihat kemeriahan Tarhib Ramadhan Pesantren Qur’an elTAHFIDH yang berhasil diabadikan tim Humas :