Penyuluhan Bahaya merokok kepada santri SMP & SMA Qur’an elTAHFIDH


Share with:


Ahad, 10 maret 2019 dimasjid Aduha eltahfidh diselenggarakan penyuluhan tentang berbahayanya meroko kepada santri SMP & SMA Qur’an elTAHFIDH, dengan tujuan memberikan pencegahan dan pemahaman mengenai bahaya rokok terhadap tubuh, dan diketahui juga banyak dampak negatif yang diakibatkan dari rokok baik pada pengguna perokok aktif maupun pasif. Khususnya penyuluhan ini disampaikan pada anak- anak muda agar lebih sadar dan mengetahui informasi tentang bahayanya rokok bagi kesehatan dan lebih peduli pada masa depannya bagi generasi muda mendatang.

Penyuluhan disampaikan oleh bapak Bryan wisnu Amd.Ak. (Atlm RSUD CIKUNIR) beliau bahas tentang bahaya merokok dalam tubuh teori kesehatan kedokteran dan Ust Faiz hamdi bahas rokok dalam pandangan islam.
Beliau mengatakan bahwa bahan daripada rokok sangat berbahaya, karna banyak sekali bahan- bahan kimia didalamnya yang dapat merusak tubuh, Merokok sudah dikenal masyarakat sebagai salah satu penyebab kematian yang cukup besar di dunia. Bahkan angka kematian terbanyak rokok meraih posisi ke 4.

Adapun menurut islam, hukum sendiri dari rokok banyak berbeda pendapat,Sebagian ulama yang lain berpendapat bahwa merokok hukumnya haram, pendapat ini ditegaskan oleh Qalyubi (Ulama Mazhab Syafi’i, wafat: 1069 H). Dalam kitab Hasyiyah Qalyubi ala Syarh al-Mahalli (jilid I, Hal. 69), beliau mengatakan: “Ganja dan segala obat bius yang menghilangkan akal, zatnya suci sekalipun haram untuk dikonsumsi, oleh karena itu para ulama kami berpendapat bahwa rokok hukumnya juga haram, karena rokok dapat membuka jalan agar tubuh terjangkit berbagai penyakit berbahaya”.

diharapkan dengan diadakannya penyuluhan bahaya rokok ini dapat memberikan banyak pemahaman dan kesadaran bagi siswa SMP dan SMA Qur’an elTAHFIDH untuk tidak mendekati dan mengkomsumsi rokok.